Pembahasan UUD No 36 Tahun 1999 Tentang Telekomunikasi

Diperlukan undang-undang untuk mengatur jalannya pemanfaatan teknologi telekomunikasi agar segala aktivitas yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi telekomunikasi tidak menyimpang dari kaidah hukum yang berlaku serta untuk meminimalisir aksi kriminal dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi.

UUD No 36 Tahun 1999 diciptakan untuk mengatur tentang telekomunikasi, salah satu pasalnya yaitu pasal 13. Pasal 13 berbunyi :

” Penyelenggara telekomunikasi dapat memanfaatkan atau melintasi tanah dan atau bangunan milik perseorangan untuk tujuan pembangunan, pengoperasian, atau pemeliharaan jaringan telekomunikasi setelah terdapat persetujuan di antara para pihak.”

Secara prinsip penyelenggaraan telekomunikasi memiliki manfaat dan tujuan yang besar untuk masyarakat luas sehingga dalam pembangunan, pengoperasian, atau pemeliharaannya dibutuhkan kerja sama antar banyak pihak, salah satunya adalah izin untuk melintasi tanah dan bangunan milik perseorangan. Tanpa adanya izin melintasi tanah dan bangunan pemanfaatan telekomunikasi tidak akan maksimal karena terhambat akses pembangunannya.

Semakin luasnya pembangunan telekomunikasi akan berdampak semakin luasnya perkembangan teknologi sehingga suatu daerah akan maju seiring dengan perkembangan tersebut, karena tidak dapat dipungkiri teknologi semakin dibutuhkan untuk menunjang aktivitas di segala bidang.

This entry was posted in Tugas. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post. Post a comment or leave a trackback.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your email address will never be published.

Social Media Icons Powered by Acurax Web Design Company
Visit Us On FacebookVisit Us On TwitterVisit Us On Google Plus