Etika Menggunakan Gadget

Pengertian Gadget

   Gadget adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Tetapi dari penjelasan diatas akan membuat kita lebih bertanya, “Apa perbedaan gadget dengan perangkat elektronik lainnya?”. Yang paling mencolok dari perbedaan tersebut adalah unsur “pembaharuan”. Simple-nya. gadget adalah alat elektronik yang memiliki pembaharuan dari hari ke hari sehingga membuat hidup manusia lebih praktis.

   Kita ambil contoh telepon rumah dan komputer. Komputer dan telepon rumah masuk dalam kategori perangkat elektronik. Bandingkan dengan Laptop dan handphone, kedua perangkat ini lebih compact dan portable, sehingga kedua perangkat ini dapat disebut sebagai gadget.

Etika Menggunakan Gadget

   Karena tulisan saya kali ini membahas tentang etika menggunakan gadget, maka saya akan lebih menekankan pembahasan etika dalam menggunakan gadget dibanding menjabarkan pengertian apa itu gadget. Pada jaman sekarang ini tidak bisa dipungkiri bahwa gadget merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari kusunya untuk menunjang produktivitas kita dalam bekerja, namun demikian bukan berarti hanya orang yang sedang bekerja saja yang boleh menggunakan gadget tersebut. Di tempat-tempat umum sekali pun berhamburan orang-orang yang sibuk dengan gadget mereka masing-masing. Jenis-jenis gadget seperti perangkat seluler lowend, smartphone, tablet, netbook, hingga laptop sudah menjadi andalan di genggaman para penggila gadget di mana pun mereka berada.

   Kita yang sudah terbiasa melihat pemandangan ini seakan ikut menjadi bagian dari mereka. Memang tidak ada salahnya jika setiap orang menggunakan gadget mereka masing-masing untuk kebutuhannya sendiri. Akan tetapi, penggunaan gadget yang tidak bijak terkadang bisa membuat kesal orang lain. Bayangkan jika ada orang lain sedang bertatap muka dengan kita, sedangkan kita sibuk dan lebih mementingkan isi informasi dalam gadget kita, rasanya tidak sopan dan tidak beretika.

Itu adalah contoh kecil di sekeliling kita. Mari kita amati lebih jauh lagi, pernahkah kita melihat sekumpulan orang yang sedang makan bersama, tiba-tiba beberapa diantara mereka sibuk sendiri dengan gadget masing-masing? Entah itu membaca sms, melihat-lihat status jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter, asyik berchatting ria dengan berbagai layanan messenger, bermain game, dan sebagainya. Hal-hal semacam ini juga tidak jarang kita jumpai pula di tempat-tempat umum seperti stasiun, terminal, cafe, mall, warung makan, kantor, sekolah/kampus, bahkan pasar.

   Sebegitu pentingnya informasi dan fitur lain dalam gadget kita telah membuat sebagian orang menjadi lupa. Mereka lupa bahwa mereka sedang berinteraksi baik secara langsung maupun tidak langsung di dunia nyata. Waktu yang mereka habiskan untuk melayani gadget mereka jauh lebih banyak dibandingkan dengan interaksi kepada orang-orang di sekitarnya.

   Simpanlah sejenak gadget kita ketika kita sedang berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Layani mereka terlebih dahulu dengan sopan dan beretika. Hindari hal-hal yang dapat menyinggung perasaan orang lain, serta janganlah seolah-olah kita yang berbuat ‘cuek’ dan ’sok sibuk’ kepada orang-orang di sekitar kita. Pada acara-acara tertentu, misalnya ketika rapat dan  beribadah, akan lebih baik jika gadget kita dimatikan (silent) terlebih dahulu agar tidak mengganggu suasana.

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget

   Pada dasarnya gadget diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia sehingga pekerjaan manusia dapat diselesaikan dengan lebih praktis dan efisien. Sebagai contoh, melalui gadget seseorang dapat dengan mudah mengirim pesan kepada seseorang lainnya tanpa harus berada ditempat kusus serta memakan waktu yang lama, seseorang juga dapat melihat informasi dengan begitu mudahnya, selain itu gadget juga dapat digunakan seseorang untuk menghibur dirinya disaat sedang stress dengan rutinitasnya seperti dengan bermain games atau sekedar mendengankan lagu.

   Namun, dengan adanya gadget bukan berarti selalu hal positif yang akan kita dapatkan, gadget juga dapat menimbulkan hal-hal yang negatif seiring dengan penggunaanya yang tidak bijak. Seperti telah ditulisankan sebelumnya bahwa penggunaan gadget yang berlebihan dapat mengurangi rasa sopan kita kepada seseorang di saat sedang berinteraksi secara tatap muka, selain itu penggunaan gadget oleh anak-anak dapat berdampak negatif saat penggunaanya tidak diawasi oleh orang tuanya, seorang anak dapat dengan mudah mengakses situs porno dari gadgetnya yang akan berdampak pada rusaknya jiwa dan pikiran anak tersebut. Selain beberapa dampak negatif yang sudah disebutkan sebelumnya terdapat sebuah kasus yang belum lama terjadi, yaitu seorang ibu terpeleset dari tangga ketika sedang asyik membaca sesuatu pada gadgetnya.

Kesimpulan

   Terlepas dari dampak positif dan negatif yang terjadi pada penggunaan gadget, gadget tetap menjadi suatu perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita di zaman sekarang ini. Dampak positif ataupun negatif yang dihasilkan semua tergantung dari seberapa bijak kita menggunakan gadget tersebut.

This entry was posted in Tugas. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post. Post a comment or leave a trackback.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your email address will never be published.

Social Media Integration Powered by Acurax Wordpress Theme Designers
Visit Us On FacebookVisit Us On TwitterVisit Us On Google Plus